Sabtu, 03 September 2016

Harga Kayu Murah Berkualitas Jabodetabek Jawa Barat - Kayu Mahoni

Harga Jual Kayu Murah Berkualias Jabodetabek Jawa Barat

Mengenal Kayu Mahoni


Sentra Kayu Murah Berkualitas Jabodetabek Jabar -- Kayu mahoni merupakan bagian dari anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera juga 550 spesies tanaman kayu.
Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon yang mencapai 35 sampai 40 meter dengan diameter yang bisa mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir.


Warna kulit luar yang cokelat kehitaman, beralur dangkal menyerupai sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus saat masih muda, dan akan berubah menjadi cokelat tua menyerupai kulit pohonnya, beralur dan mengelupas jika sudah tua. Pohon mahoni baru akan berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, dengan warna kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan.

Sentra Kayu Jual Kayu Perkubik Murah Dan Berkualitas

Buahn mahoni bulat agak kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat pekat. Bijinya pipih, berwarna hitam atau cokelat. Mahoni bisa ditemukan tumbuh liar di hutan jati atau tempat-ternpat lain yang dekat dengan pantai, juga sering ditanam di tepian jalan sebagai pohon pelindung. Mahoni merupakan tanaman yang asalnya dari Hindia Barat, dan dapat tumbuh subur bila tanam di pasir payau dekat dengan pantai.
Sifat Mahoni yang kuat dan bisa tumbuh hidup di tanah gersang menjadikan pohon ini banyak ditanam di tepi jalan yang berguna sebagai pohon pelindung.

Bagi penduduk Indonesia khususnya Pulau Jawa, tanaman ini bukanlah tanaman asing, karena sejak zaman penjajahan Belanda kayu mahoni dan rekannya, seperti Pohon Asam, sudah sering ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh terutama di sepanjang jalan yang dibangun oleh Daendels antara Anyer hingga Panarukan.

Sejak 20 tahun terakhir ini, tanaman mahoni mulai banyak dibudidayakan karena kayunya mempunyai harga yang cukup tinggi. Kualitas kayunyapun sangat bagus, keras juga sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran atau kerajinan tangan lainna. Sering juga dibuat penggaris karena sifatnya yang kaku kuat dan keras tidak mudah berubah.

Harga Kayu Perkubik Murah Berkualitas Jawa Barat

Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati sehingga sering dijuluki sebagai primadona kedua dalam pemasaran kayu. Pemanfaatan lain dari tanaman mahoni ialah kulitnya yang bisa dipergunakan untuk mewarnai pakaian.Yaitu dengan cara merebus kain bersama kulit mahoni, kain yang direbus dengan kulit mahoni akan menjadi warna kuning juga tidak akan mudah luntur. Getah mahonipun atau disebut juga blendok sering dipergunakan sebagai bahan baku lem, dan daun mahoni untuk pakan ternak meski tidak sepopuler daun lain.

Sekian pembahasan mengenai kayu Mahoni, semoga bermanfaat, dan untuk info lain bagi anda yang membutuhkan berbagai macam kayu, Anda bisa segera menghubungi Kami sebagai Sentra kayu Murah Berkualitas Jabodetabek Jawa Barat. Terima kasih

Artikel Terkait

Harga Kayu Murah Berkualitas Jabodetabek Jawa Barat - Kayu Mahoni
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email